Selasa, 25 Oktober 2016

PROGRAM TAHUNAN



PROGRAM TAHUNAN

SEKOLAH                               : SMA YKBBB LELES
MATA PELAJARAN               : BIOLOGI
TAHUN PELAJARAN              : 2008-2009

Semester
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pelajaran
Alokasi Waktu
Keterangan
1
1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
·         Ruang lingkup Biologi.
·         Biologi sebagai ilmu dan kedudukannya.

2 x 45’

1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
·         Objek dan permasalahan Biologi pada berbagai tingkat organissi kehidupan.
·         Objek Biologi.
·         Masalah Biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
·         Metoda ilmiah.

4 x 45’

2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup.
2.1.Mendeskripsikan ciri-ciri replikasi, dan peran virus dalam kehidupan.
·         Cirri-ciri virus.
·         Reproduksi virus.
·         Peranan virus dalam kehidupan.

4 x 45’

2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya dalam kehidupan.
·         Cirri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria.
·         Perkembangbiakan Archaebacteria dan Eubacteria.
·         Peranan Archaebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan.

4 x 45’

2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
·         Cirri-ciri umum protista.
·         Cirri-ciri protista mirip jamur.
·         Cirri-ciri protista mirip tumbuhan.
·         Cirri-ciri tumbuhan mirip hewan.
·         Peranan protista dalam kehidupan.
8 x 45’

2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan.

·         Cirri-ciri jamur.
·         Dasar pengelompokan jamur.
·         Reproduksi jamur.
·         Peranan jamur bagi kehidupan.

6 x 45’

Ulangan Tengah Semester
2 x 45’

Ulangan Akhir Semester
2 x 45’

Cadangan
6  x 45’

JUMLAH
38  x 45’

2
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan.

·         Konsep keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem.

4 x 45’

3.2 Mengkomunikasikan keanekaragam hayati Indoneia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam.

·         Keanekaragaman hayati Indonesia.
·         Huta hujan tropis di Indonesia sebagai sumber plasma nutfah.
·         Usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia secara in-situ dan ex-situ.

4 x 45’

3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam dunia Tumbuhan dan peranannya  bagi kelangsungan hidup di bumi.
·         Plantae.
·         Cirri-ciri umum plantae.
·         Tumbuhan lumut.
·         Tumbuhan paku.
·         Tumbuhan biji.
·         Peranan plantae bagi kelangsungan hidup di bumi.

6 x 45’

3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan.
·         Animalia.
·         Cirri-ciri umum Animalia.
·         Invertebrate.
·         Peranan invertebrate bagi kehidupan.
·         Hewan vertebrata.
·         Peranan vertebrata bagi kehidupan.

6 x 45’

4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.

4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan.

·         Komponen ekosistem.
·         Aliran energy.
·         Daur biogeokimia.

4 x 45’

4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan.
·         Kegiatan manusia dan masalah lingkungan.
·         Perusakan lingkungan.
·         Pencemaran lingkungan.
·         Pelestarian lingkungan.

4 x 45’

4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah.
·         Limbah dan daur ulang.
·         Jenis-jenis limbah.

2 x 45’

4.4 Membuat produk daur ulang limbah.
·         Mendesain produk.
·         Memilih alat dan bahan.
·         Membuat produk.

2 x 45’

Ulangan Tengah Semester
2 x 45’

Ulangan Akhir Semester
2 x 45’

Ujian Nasional dan Ujian Sekolah
4  x 45’

Cadangan
4  x 45’

JUMLAH
44 x 45’





Garut,    Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMA YKBBB Leles



Drs. H. Dede Rosihan A. R., M.Pd
NIP. 131 832 641

Guru Mata Pelajaran



Asep Mulyani S.Pd.






RINCIAN MINGGU EFEKTIF

SATUAN PENDIDIKAN          : SMA YKBBB LELES
KELAS/SEMESTER                 : X/1
MATA PELAJARAN               : BIOLOGI
TAHUN PELAJARAN              : 2008-2009

         I.            Jumlah minggu dalam semester 1
NO
BULAN
JUMLAH MINGGU
1
2
3
4
5
6
JULI
AGUSTUS
SEPTEMBER
OKTOBER
NOVEMBER
DESEMBER
5
4
4
5
4
4
TOTAL
26

        II.            Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
NO
KEGIATAN
JUMLAH MINGGU
1
2
3
4

5
6
Libur tahun pelajaran 2007-2008
Masa Orientasi Siswa (MOS)
Kegiatan tengah semester
Libur bersama bulan Ramadhan dan sesudah hari Raya Idul Fitri 1429 H
Ulangan semester 1
Persiapan peneriamaan raport

2
1
1
3

1
1

TOTAL
9

      III.            Jumlah minggu efektif dalam semester 1
Jumlah minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
= 26 minggu –  9 Minggu
= 17 minggu efektif




Garut,    Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMA YKBBB Leles



Drs. H. Dede Rosihan A. R., M.Pd
NIP. 131 832 641

Guru Mata Pelajaran



Asep Mulyani S.Pd.












RINCIAN MINGGU EFEKTIF

SATUAN PENDIDIKAN          : SMA YKBBB LELES
KELAS/SEMESTER                 : X/2
MATA PELAJARAN               : BIOLOGI
TAHUN PELAJARAN              : 2008-2009

      IV.            Jumlah minggu dalam semester 2
NO
BULAN
JUMLAH MINGGU
1
2
3
4
5
6
JANUARI
FEBRUARI
MARET
APRIL
MEI
JUNI
4
4
4
5
4
4
TOTAL
25

       V.            Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 2
NO
KEGIATAN
JUMLAH MINGGU
1
2
3
4
5
6
Libur Semester 1 tahun pelajaran 2008-2009
Kegiatan Tengah Semester
Perkiraan Ujian Nasional 2008-2009
Perkiraan USBN 2008-2009
Ulangan Umum Semester 2
Persiapan penerimaan raport
2
1
1
1
1
1
TOTAL
7

      VI.            Jumlah minggu efektif dalam semester 2
Jumlah minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 2
= 25 minggu – 7 Minggu
= 18 minggu efektif




Garut,    Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMA YKBBB Leles



Drs. H. Dede Rosihan A. R., M.Pd
NIP. 131 832 641

Guru Mata Pelajaran



Asep Mulyani S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar