PROGRAM
TAHUNAN
SEKOLAH :
SMA YKBBB LELES
MATA PELAJARAN :
BIOLOGI
TAHUN PELAJARAN :
2008-2009
|
Semester
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
|
1
|
1. Memahami struktur dan fungsi sel
sebagai unit terkecil kehidupan
|
1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
|
·
Ruang lingkup Biologi.
·
Biologi sebagai ilmu dan kedudukannya.
|
2 x 45’
|
|
|
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan
biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan,
organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
|
·
Objek dan permasalahan Biologi pada berbagai tingkat organissi
kehidupan.
·
Objek Biologi.
·
Masalah Biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
·
Metoda ilmiah.
|
4 x 45’
|
|
||
|
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk
hidup.
|
2.1.Mendeskripsikan ciri-ciri replikasi, dan peran
virus dalam kehidupan.
|
·
Cirri-ciri virus.
·
Reproduksi virus.
·
Peranan virus dalam kehidupan.
|
4 x 45’
|
|
|
|
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan
Eubacteria dan peranannya dalam kehidupan.
|
·
Cirri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria.
·
Perkembangbiakan Archaebacteria dan Eubacteria.
·
Peranan Archaebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan.
|
4 x 45’
|
|
||
|
2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom
Protista, dan perannya bagi kehidupan.
|
·
Cirri-ciri umum protista.
·
Cirri-ciri protista mirip jamur.
·
Cirri-ciri protista mirip tumbuhan.
·
Cirri-ciri tumbuhan mirip hewan.
·
Peranan protista dalam kehidupan.
|
8 x 45’
|
|
||
|
2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur
berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta
peranannya bagi kehidupan.
|
·
Cirri-ciri jamur.
·
Dasar pengelompokan jamur.
·
Reproduksi jamur.
·
Peranan jamur bagi kehidupan.
|
6 x 45’
|
|
||
|
Ulangan Tengah Semester
|
2 x 45’
|
|
|||
|
Ulangan Akhir Semester
|
2 x 45’
|
|
|||
|
Cadangan
|
6 x 45’
|
|
|||
|
JUMLAH
|
38 x 45’
|
|
|||
|
2
|
3.
Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
|
3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis,
ekosistem, melalui kegiatan pengamatan.
|
·
Konsep keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem.
|
4 x 45’
|
|
|
3.2 Mengkomunikasikan keanekaragam hayati Indoneia, dan
usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam.
|
·
Keanekaragaman hayati Indonesia.
·
Huta hujan tropis di Indonesia sebagai sumber plasma nutfah.
·
Usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia secara in-situ dan ex-situ.
|
4 x 45’
|
|
||
|
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi
kelangsungan hidup di bumi.
|
·
Plantae.
·
Cirri-ciri umum plantae.
·
Tumbuhan lumut.
·
Tumbuhan paku.
·
Tumbuhan biji.
·
Peranan plantae bagi kelangsungan hidup di bumi.
|
6 x 45’
|
|
||
|
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia Hewan
dan peranannya bagi kehidupan.
|
·
Animalia.
·
Cirri-ciri umum Animalia.
·
Invertebrate.
·
Peranan invertebrate bagi kehidupan.
·
Hewan vertebrata.
·
Peranan vertebrata bagi kehidupan.
|
6 x 45’
|
|
||
|
4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem,
perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan
ekosistem.
|
4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam
aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi
kehidupan.
|
·
Komponen ekosistem.
·
Aliran energy.
·
Daur biogeokimia.
|
4 x 45’
|
|
|
|
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia
dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan.
|
·
Kegiatan manusia dan masalah lingkungan.
·
Perusakan lingkungan.
·
Pencemaran lingkungan.
·
Pelestarian lingkungan.
|
4 x 45’
|
|
||
|
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang
limbah.
|
·
Limbah dan daur ulang.
·
Jenis-jenis limbah.
|
2 x 45’
|
|
||
|
4.4 Membuat produk daur ulang limbah.
|
·
Mendesain produk.
·
Memilih alat dan bahan.
·
Membuat produk.
|
2 x 45’
|
|
||
|
Ulangan Tengah Semester
|
2 x 45’
|
|
|||
|
Ulangan Akhir Semester
|
2 x 45’
|
|
|||
|
Ujian Nasional dan Ujian Sekolah
|
4
x 45’
|
|
|||
|
Cadangan
|
4 x 45’
|
|
|||
|
JUMLAH
|
44 x 45’
|
|
|||
|
|
Garut, Juli 2008
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA YKBBB Leles
Drs. H. Dede Rosihan A. R., M.Pd
NIP. 131
832 641
|
Guru Mata
Pelajaran
Asep
Mulyani S.Pd.
|
RINCIAN
MINGGU EFEKTIF
SATUAN PENDIDIKAN :
SMA YKBBB LELES
KELAS/SEMESTER : X/1
MATA PELAJARAN :
BIOLOGI
TAHUN PELAJARAN :
2008-2009
I.
Jumlah minggu dalam semester 1
|
NO
|
BULAN
|
JUMLAH MINGGU
|
|
1
2
3
4
5
6
|
JULI
AGUSTUS
SEPTEMBER
OKTOBER
NOVEMBER
DESEMBER
|
5
4
4
5
4
4
|
|
TOTAL
|
26
|
|
II.
Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
|
NO
|
KEGIATAN
|
JUMLAH MINGGU
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Libur
tahun pelajaran 2007-2008
Masa
Orientasi Siswa (MOS)
Kegiatan
tengah semester
Libur
bersama bulan Ramadhan dan sesudah hari Raya Idul Fitri 1429 H
Ulangan
semester 1
Persiapan
peneriamaan raport
|
2
1
1
3
1
1
|
|
TOTAL
|
9
|
|
III.
Jumlah minggu efektif dalam semester 1
Jumlah minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak
efektif dalam semester 1
= 26 minggu – 9
Minggu
= 17 minggu efektif
|
|
Garut, Juli 2008
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA YKBBB Leles
Drs. H. Dede Rosihan A. R., M.Pd
NIP. 131
832 641
|
Guru
Mata Pelajaran
Asep
Mulyani S.Pd.
|
RINCIAN
MINGGU EFEKTIF
SATUAN PENDIDIKAN :
SMA YKBBB LELES
KELAS/SEMESTER : X/2
MATA PELAJARAN :
BIOLOGI
TAHUN PELAJARAN :
2008-2009
IV.
Jumlah minggu dalam semester 2
|
NO
|
BULAN
|
JUMLAH MINGGU
|
|
1
2
3
4
5
6
|
JANUARI
FEBRUARI
MARET
APRIL
MEI
JUNI
|
4
4
4
5
4
4
|
|
TOTAL
|
25
|
|
V.
Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 2
|
NO
|
KEGIATAN
|
JUMLAH MINGGU
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Libur
Semester 1 tahun pelajaran 2008-2009
Kegiatan
Tengah Semester
Perkiraan
Ujian Nasional 2008-2009
Perkiraan
USBN 2008-2009
Ulangan
Umum Semester 2
Persiapan
penerimaan raport
|
2
1
1
1
1
1
|
|
TOTAL
|
7
|
|
VI.
Jumlah minggu efektif dalam semester 2
Jumlah minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak
efektif dalam semester 2
= 25 minggu – 7 Minggu
= 18 minggu efektif
|
|
Garut, Juli 2008
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA YKBBB Leles
Drs. H. Dede Rosihan A. R., M.Pd
NIP. 131
832 641
|
Guru
Mata Pelajaran
Asep
Mulyani S.Pd.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar